TMMD Tahap IV Resmi di Gelar di Desa Pandak Sumpiuh

TMMD Tahap IV Resmi di Gelar di Desa Pandak Sumpiuh

Penjabat (Pj) Bupati Iwanuddin Iskandar bersama Forkopimda Kabupaten Banyumas resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap IV di Desa Pandak, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas pada Rabu (2/9). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kodim 0701 Banyumas ini direncanakan akan membangun rabat beton, talud, RTLH, jamban serta melaksanakan sosialisasi dan Penyuluhan bagi warga sekitar.

PJ Bupati Banyumas, dalam sambutannya mengatakan bahwa TMMD merupakan salah satu upaya nyata mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan pada tingkat desa. Melalui kegiatan TMMD, tidak hanya membangun infrastruktur fisik, tetapi juga membangun sumber daya manusia yang berkualitas.

Beliau juga menekankan pentingnya gotong royong dalam membangun desa. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung keberhasilan program TMMD ini. Sehingga adanya TMMD dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kita ingin masyarakat Banyumas hidup sehat, sejahtera, dan bebas dari kemiskinan. Saya memastikan kondisi daerah-daerah, kecamatan-kecamatan harus diperhatikan untuk kesejahteraan untuk kita tingkatkan, kesehatan kita optimalkan serta kemiskinan kita intervensi. Yang paling penting kita harus selalu damai dan sejahtera," tegasnya.

Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T. M.Han Komandan Kodim 0701 Banyumas mengatakan kegiatan TMMD tahap IV ini mengusung tema "Darma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah". Kegiatan melibatkan ratusan personil yang terdiri dari TNI 40 orang, Polri 10 orang, Pemda 5 orang, Perangkat Desa) 5 orang, Teknisi 2 orang, tenaga medis 2 orang dan masyarakat 60 orang.

"Pembangunan TMMD kali ini memiliki sasaran pokok berupa pembangunan jalan rabat beton panjang 690 meter x lebar 2,5 s.d 3 meter x tinggi 0,15 meter, dengan sasaran tambahan pembangunan talud di 3 titik dengan panjang 100 meter x lebar 0,30 meter x tinggi 1,2 meter, pembangunan RTLH 2 Unit masing-masing 1 unit dari Baznas Kabupaten Banyumas dan 1 unit dari BPR BKK Purwokerto, serta pembangunan jamban keluarga 1 unit dari komunitas mobar," katanya.
Usai upacara pembukaan, seperti biasanya, Pj Bupati bersama Forkompimda dan undangan lain melakukan peninjauan Bazar Pasar Murah, penyerahan bantuan RTLH dan paket sembako gratis, kegiatan Panen raya dan pelayanan kesehatan gratis.

Related Posts

Komentar