Dinsospermasdes turut menghadiri Sosialisasi Aplikasi “CEK BANSOS” milik Kementerian Sosial RI

Dinsospermasdes turut menghadiri Sosialisasi Aplikasi “CEK BANSOS” milik Kementerian Sosial RI

Kemeterian Sosial Republik Indonesia melalui Biro Hubungan Masyarakat menyelenggarakan sosialisasi program kesejahteraan sosial pada Selasa, 15 Oktober 2024 di Sentra “Satria” Baturraden, Banyumas. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman penggunaan Aplikasi “CEK BANSOS” yang dirancang oleh Kemensos RI kepada mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Saizu Purwokerto yang berjumlah kurang lebih 40 Mahasiswa.

Aplikasi CEK BANSOS ialah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan akses informasi terkait pengecekan bantuan sosial di Indonesia. Kemensos menggandeng mahasiswa untuk pengenalan program ini dengan harapan agar mahasiwa UIN Saizu Purwokerto dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam memudahkan masyarakat mengakses informasi terkait bantuan sosial yang mana secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan kesejahteraan sosial. Kegiatan ini juga membawa manfaat bagi mahasiswa agar dapat belajar untuk mendampingi masyarakat secara langsung, tidak hanya belajar teori perkuliahan.

Kepala Sentra Satria Baturraden dalam sambutannya juga menyampaikan pentingnya Data terpadu Kesejahteraan Sosial (DTSK) sebagai basis utama dalam penentuan penerima bantuan sosial, sehingga diperlukan penguatan dalam pelayanan dan juga pengecekan warga yang masuk dalam DTKS secara lebih mendalam agar tidak terjadi salah sasaran pada penerima bansos. Khususnya bagi Desa dan Dinas Sosial setempat yang selalu bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Pada akhir sesi, seluruh peserta yang hadir dipandu untuk praktik penggunaan aplikasi CEK BANSOS, agar dapat lebih mudah memahami tools yang ada dalam aplikasi tersebut.

Related Posts

Komentar