Pelatihan Pengelolaan Kerajinan Bambu Warga Desa Piasa, Kecamatan Somagede

Pelatihan Pengelolaan Kerajinan Bambu Warga Desa Piasa, Kecamatan Somagede

Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyumas mendagadakan Pelatihan Pengelolaan Kerajinan Bambu di Balai Desa Piasa Kecamatan Somagede, pada Rabu, 16 Oktober 2024. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 40 peserta yang terdiri dari Pengelola BUMDESA, Bumdesap, Anak tidak sekolah, dan Pelaku UMKM (Pengrajin Bambu) yang ada di Kecamatan Somagede.

Berdasarkan pada hasil identifikasi potensi desa dalam pembentukan Kawasan Pedesaan DAS Serayu Semanger Kecamatan Somagede, salah satu potensi kawasan pedesaan yaitu kerajinan bambu yang juga menjadi produk unggulan kawasan. Hal ini yang kemudia menjadi pertimbangan dalam pemilihan narasumber dan juga topik pelatihan. Kegiatan ini juga sebagai upaya Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa.

Pelatihan ini mengundang Ade Giantoro pemilik CV. Bamboe Ayu Banjarnegara sebagai narasumber, yang mana produk sudah ramai di pasar regional dan tembus pasar ekspor eropa. Dalam memberikan materi, Ade Giantoro tidak hanya mengajarkan bagaimana mengolah bambu menjadi produk yang bernilai jual, tetapi juga memberikan ilmu bagaimana menanam bambu agar masuk standar pasar.

Dinsospermasdes selaku penyelenggara pelatihan ini berharap, adanya kegiatan ini mampu menambah pengetahuan seputar kerajianan bambu, sehingga dapat memanfaatkan sumber daya yang ada, khususnya tanaman bambu. Dan bagi pengrajin bambu yang saat ini masih merintis, hrapannya dengan adanya pelatihan ini dapat mempraktikan tips dan trick yang diberikan oleh narsumber.

Bagi desa, harapannya melalui pelatihan ini akan tercipta sinergi yang baik antara para pelaku UMKM dan BUMDESA dalam menciptakan produk unggulan kawasan, sehingga berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kawasan pedesaan Daerah Alisan Sungai Serayu Semanger Kecamatan Somagede.

Related Posts

Komentar